Cara Mempercepat Kinerja Laptop Atau Komputer Dengan Mudah


Cara mempercepat kinerja laptop. Komputer atau laptop anda mulai lemot? berikut ini cara mudah mempercepat kinerja laptop atau komputer.

Tidak hanya laptop, komputer jenis apapun dioperasikan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik dan cepat. apa jadinya jika kinerja laptop anda sudah mulai lambat, dan berjalan seperti siput. Tentu ini akan menghambat pekerjaan.

Di bawah kita akan belajar bagaimana cara mempercepat kinerja laptop. Masalah kinerja laptop yang tidak bisa cepat, tentu kita tidak perlu langsung menyalahkan komputernya, dan mengatakan komputernya tidak bagus. Karena sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kinerja laptop atau komputer menjadi lambat, bisa karena spesifikasinya yang memang kurang mendukung, bisa juga karena sebab lain. Sebelum kita membahas bagaimana cara mempercepat kinerja laptop atau komputer, terlebih dahulu saya ingin mengulas tentang hal - hal apa saja yang menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat dan tidak optimal.


PENYEBAB LAMBATNYA KINERJA LAPTOP / KOMPUTER

Berikut beberapa penyebab kinerja laptop lemot :

1. Banyaknya program yang dijalankan dalam satu waktu (multitasking)
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, salah satu yang menyebabkan laptop menjadi lemot adalah berjalannya banyak program dalam satu waktu. Hal ini menyebabkan kerja komponen utama laptop, seperti processor dan RAM menjadi berat.
Untuk mempercepat kinerja laptop, cara mengatasinya : Cobalah untuk menjalankan program satu per satu agar kerja processor maupun RAM menjadi lebih ringan. Jika anda terus memaksakan membuka banyak program dalam satu waktu, jangan salahkan jika laptop anda akan hang atau not responding.

2. Kapasitas RAM anda kecil
Random Acces Memory atau yang disingkat dengan RAM merupakan sebuah memori yang digunakan untuk menyimpan data sementara pada komputer ketika menjalankan suatu program. Mudahnya begini, semakin banyak program yang berjalan pada laptop anda, semakin banyak juga RAM yang dibutuhkan. RAM ini memiliki peranan paling utama dalam hal multitasking atau menjalankan program secara bersamaan dalam satu waktu.

Untuk mempercepat kinerja laptop, cara mengatasinya :anda harus menambahkan kapasitas RAM pada laptop anda menjadi lebih besar, agar proses multitasking maupun kinerja laptop jauh lebih cepat.

3. Adanya virus atau malware pada laptop anda
Yang namanya virus, kerjaannya pasti merusak. Lebih menjengkelkannya lagi virus ini bisa menggandakan diri (mutasi) dan menjadi penyebab utama kinerja laptop menjadi lambat. Selain merusak data-data penting anda, virus ini juga dapat merusak file-file system yang menyebabkan laptop menjadi lelet dan hang.
Untuk mempercepat kinerja laptop, cara mengatasinya : Gunakan antivirus handal untuk melindungi laptop anda dari virus/ malware. Pada dasarnya fungsi semua antivirus itu sama, melindungi laptop anda dari virus yang merusak.

4. Banyaknya program yang terinstall pada laptop
Laptop yang terinstall banyak program didalamnya menjadi salah satu penyebab kinerja laptop menjadi lemot. Mungkin tidak menjadi masalah jika laptop anda memiliki kapasitas harddisk yang cukup besar, misal 1TB.

Untuk mempercepat kinerja laptop, cara mengatasinya :

  • Uninstall program yang tidak penting. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa banyak program yang terinstall menjadi salah satu pemicu laptop menjadi lemot. Maka dari itu, pastikan anda menginstall program-program yang memang benar-benar and a butuhkan.

5. Banyaknya program yang berjalan di startup
Program-program pada startup akan otomatis berjalan saat laptop pertama kali dihidupkan (masuk pada dekstop windows). Semakin banyaknya program yang berjalan pada startup, semakin berat dan lambat juga proses multitasking yang dijalankan laptop anda.
Untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop, cara mengatasinya : Untuk mengatasi masalah ini, nonaktifkan program-program tidak diperlukan yang berjalan di startup. Ingat, program yang tidak diperlukan. Jangan sampai anda malah menonaktifkan program-program sistem atau driver yang akan menyebabkan laptop anda tidak berjalan semestinya atau crash.

Disable hanya program-program tidak penting yang anda kenali, jangan sembarang mendisable program pada startup. Untuk masuk pada menu startup ada beberapa cara, seperti :

  • Tekan tombol windows+R, kemudian ketik msconfig.
  • Pada jendela System Configuration, pilih menu Startup.
  • Untuk pengguna windows 8 dan 10, tinggal masuk ke Task Manager atau dengan cara menekan tombol Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan, kemudian pilih tab Startup.
  • Klik kanan program yang anda inginkan agar tidak berjalan lagi di startup, kemudian pilih Disable.

cara mempercepat kinerja laptop atau komputer
CARA MEMPERCEPAT KINERJA LAPTOP ATAU KOMPUTER

Pada penyebab kinerja laptop lambat di atas sedikit banyak telah disinggung bagaimana cara mempercepat kinerja laptop anda. Di bawah ini bisa dibilang sebagai tips lebih lengkap cara mempercepat kinerja laptop, antara lain :

1. Install perangkat lunak (untuk pekerjaan) yang ringan dan efisien.
Perangkat lunak apa yang Anda gunakan untuk pekerjaan Anda? Microsoft Office? Apakah Office Word, Office Excel, Office PowerPoint, Office Access, Office OneNote, Office Outlook, Office Publisher, Office InfoPath atau semuanya? Tahukan Anda bahwa saat Anda meng – install Microsoft Office Suite di laptop Anda semua perangkat lunak diatas (bahkan lebih banyak lagi) terinstall di laptop Anda?

2. Install perangkat lunak utility
Perangkat lunak utility berguna untuk memonitor kondisi komputer, baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak bahkan sistem operasi, jadi saat komputer mengalami masalah yang dapat menurunkan kinerjanya, perangkat lunak ini akan memberikan peringatan bahkan saran apa yang harus dilakukan untuk menanganinya. Untuk fitur yang lebih lengkap, Anda dapat mencoba AVG TuneUp (dulu TuneUp Utilities), sayangnya perangkat lunak ini berbayar, meski demikian Anda dapat mecoba versi uji coba – nya, download di situs.

3. Install sistem operasi yang ringan (Lightweight Operating System)
Sistem operasi memegang peranan penting dalam kinerja suatu perangkat komputer termasuk laptop. Saat Anda menggunakan sistem operasi dengan minimum system requirement (misalnya) memory 2GB dan laptop yang Anda gunakan memiliki memory 2GB, hal tersebut memang memungkinkan sistem operasi berjalan dengan baik, namun untuk mempercepat kinerja laptop akan lebih baik jika menggunakan sistem operasi dengan minimum system requirement memory lebih rendah dari memory yang terpasang pada laptop.

4. Upgrade Processor
Upgrade processor juga sangat efektif dalam mempercepat kinerja laptop, namun tidak semua laptop memiliki processor yang dapat di – upgrade, karena umunya processor laptop menerapkan sistem tanam.

Selain upgrade, sebenarnya untuk meingkatkan kinerja processor juga bisa dengan teknik overclocking, namun untuk laptop hal tersebut sangat tidak disarankan karena salah satu dampak seriusnya adalah perangkat yang mudah panas, hal tersebut tentu akan sangat beresiko kerusakan berbagai komponen dalam komputer laptop.

5. Upgrade Memory (RAM)
RAM selalu dikaitkan dengan kecepatan laptop atau komputer. Upgrade memory (RAM) memang jadi solusi cara mempercepat kinerja laptop, bukan hanya kinerja pemrosesan, kualitas grafis juga disinyalir dapat meningkat dengan menambah kapasitas memory pada laptop, namun sebaiknya periksa terlebih dahulu maksimal memory yang dapat dipasangkan pada komputer Anda.

6. Bersihkan junk files (file – file sampah).
Cara mempercepat kinerja laptop tidak akan jauh dari bersih - bersih file sampah. Junk file tidak selalu file sampah yang ada pada recycle bin (Windows), namun file sementara (temporary file) yang ada pada sistem operasi, cache yang ada pada web browser dan masih banyak lagi file sampah yang mungkin memperlambat kinerja laptop Anda, gunakan perangkat lunak seperti CCleaner (optimasi dengan CEnhancer) untuk memindai file – file sampah pada laptop Anda dengan hanya beberapa kali klik.

7. Defrag Registry (untuk sistem operasi Windows).
Untuk pekerjaan ini, Saya rekomendasikan AVG PC TuneUp (karena CCleaner tidak dilengkapi dengan fitur untuk men – defrag registry), hal ini dilakukan untuk mengoptimasi registry pada sistem operasi Windows sehingga dapat dipergunakan baik oleh sistem operasi maupun perangkat lunak dengan lebih efisien yang imbasnya adalah meningkatnya kinerja laptop. Memang dengan men – defrag registry kinerja laptop tidak serta – merta langsung terasa peningkatannya, namun saat Anda menggunaan perangkat lunak, loading – time nya akan relatif sedikit lebih cepat setelah registry sistem operasi nya di defrag.

8. Defrag Hard Disk Drive.
Ini cara mempercepat kinerja laptop yang umum dilakukan. Setiap sistem operasi biasanya telah dilengkapi dengan perangkat lunak bawaan (built – in software) yang dapat digunakan untuk men – defrag hard disk drive, namun Anda juga dapat mencoba perangkat lunak lain yang lebih interaktif seperti Auslogic Disk Defrag, Defraggler, Diskeeper, Glarysoft Disk SpeedUp, dan masih banyak lagi.

9. Optimasi pengaturan (effect) visual.
Hal ini penting jika anda ingin mempercepat kinerja laptop, karena resource laptop (memory, processor, graphic adapter) akan terpakai untuk memberikan efek visual pada layar monitor, sebut saja efek transparansi pada taskbar atau pada menu bar, efek bayangan pada cursor atau pada label ikon di desktop serta beragam efek animasi saat kita menggunakan komputer, untuk kinerja optimal sebaiknya Anda mengabaikan efek visual seperti itu.
Untuk mempercepat kinerja laptop cara mengatasinya adalah :

  • Tekan “WinKey + Pause” pada keyboard laptop Anda.
  • Jendela “System” akan muncul, klik “Advanced system Settings” di panel kiri.
  • Jendela “System Properties” akan muncul.
  • Pada tab “Advanced” di bagian “Performance”, klik “Settings…”.
  • Jendela “Performance Options” akan muncul.
  • Pada tab “Visual Effects”, pilih “Adjust for best performance”.
  • Terakhir, klik “Ok”.

10. Bersihkan Registry (untuk sistem operasi Windows).
Untuk membersihkan registry, nampaknya Anda tidak dapat melakukannya secara manual, perangkat lunak CCleaner masih tetap Saya rekomendasikan untuk pekerjaan ini, karena selain memiliki versi gratis dan portable (yang menurut Saya sangat praktis digunakan), perangkat lunak ini dilengkapi dengan fitur untuk memindai registry dan memperbaiki masalah baik itu pada data atau pun key – nya.   (Baca juga : Processor Paling Tinggi Saat Ini , Fungsi Registry Pada Windows)

11. Gunakan cooling pad eksternal.
Cooling pad eksternal dimaksudkan untuk menjaga suhu laptop tetap stabil, sebagaimana banyak kita bahas pada artikel sebelumnya, panas berlebih pada laptop dapat menurunkan kinerja laptop bahkan merusak komponen didalamnya (processor dan chipset adalah yang paling rentan “terbakar”). Jadi tidak heran jika langkah ini menjadi bagian cara mempercepat kinerja laptop.