-->

Cara Paling Akurat Mengukur Atau Cek Kecepatan Internet

Cek kecepatan internet. Berikut ini cara mudah dan akurat mengukur atau cek kecepatan internet anda.

Kecepatan internet merupakan salah satu faktor penting dalam mengakses internet. Apalagi buat mereka yang pekerjaannya selalu berhubungan dengan internet, tentu masalah kecepatan internet akan menjadi perhatian besar karena tentu berhubungan erat dengan proses pengambilan keputusan. Lalu bagaimana sih cara mengukur atau cek kecepatan internet ?

Internet memiliki kecepatan akses yang berbedabeda, bergantung kepada provider atau saluran yang digunakan. Dengan cek kecepatan internet juga dapat diketahui perbandingan kecepatan dari masing - masing provider internet tersebut. Kecepatan akses Internet dapat diukur dari lebar pita (bandwidth) yang merupakan ukuran dari besarnya kapasitas untuk pemindahan atau transfer data. Semakin besar bandwidth yang dimiliki, maka kecepatan aksesnya semakin besar.


UKURAN KECEPATAN INTERNET

Satuan kecepatan akses Internet adalah Kbps (kilobits per second) atau Mbps (megabits per second). 1 kilobits sama dengan 1.000 bits dan 1 megabits sama dengan 1.000.000 bits. Misalnya, kecepatan akses Internet suatu komputer adalah 56 Kbps. Artinya, komputer tersebut dapat mendownload data sebesar 56 Kb dalam waktu 1 detik.


FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEPATAN INTERNET

Sebenarnya kecepatan internet juga dipengaruhi faktor lain, selain dari provider internet yang digunakan. Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet di antaranya adalah:
  • Kecepatan komputer pelanggan. Makin cepat kecepatan komputer pelanggan, maka makin cepat kecepatan akses Internet. Untuk itu jika komputer atau laptop anda lambat, pelajari cara mempercepat kinerja laptop
  • Kepadatan lalu lintas Internet sepanjang rute yang dilalui. Makin padat lalu lintas Internet yang dilalui, maka makin lambat kecepatan akses yang diperoleh.
  • Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone Internet. Makin besar bandwidth yang dimiliki, maka makin besar kecepatan akses yang diterima.


CARA MUDAH DAN AKURAT CEK KECEPATAN INTERNET

Cek kecepatan internet anda dengan cara ini. Untuk mengukur kecepatan internet caranya mudah sekali, yaitu dengan memanfaatkan layanan situs lain yang khusus memberikan layanan untuk mengukur kecepatan situs di internet. Berikut ini adalah beberapa situs pengukur kecepatan internet yang dapat membantu anda untuk mengecek kecepatan internet anda :

1. Speedtest.net

Menurut saya ini adalah cara cek kecepatan internet yang paling mudah dan akurat. Dengan tampilan yang menarik dan fitur yang cukup lengkap , Speedtest menjadi satu website terpopuler yang  menyediakan fitur untuk mengukur kecepatan internet.

Secara default speedtest akan mengambil lokasi provider internet yang user gunakan , untuk menentukan lokasi server pengujian. namun kita juga dapat memilih lokasi dari mana kecepatan internet di uji coba . setelah pengujian selesai dilakukan kita dapat melihat secara detail berapa kecepatan ping , download , dan upload. lalu akan muncul juga pilihan untuk membagikannya ke beberapa social media seperti facebook, twitter dan google plus.

Untuk melakukan cek kecepatan internet, simak langkah - langkahnya di bawah ini :

-   Buka halaman Speedtest.net . Akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini :

-   Di gambar tersebut akan ditampilkan provider internet yang anda gunakan.
-   Klik saja "mulai"
-   Setelah sesaat berproses, hasil uji kecepatan internet akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini



2. BandWidthPlace.com

Situs ini juga dapat menjadi pilihan untuk mengukur kecepatan internet. dengan fitur yang lengkap dan tampilan yang lebih simple, bandwidthplace.com juga menjadi situs khusus pengukur kecepatan internet yang populer. selain itu kita juga menyediakan tampilan hasil uji coba dengan grafik.


3. Testmy.net

situs testmy.net menyediakan hasil laporan kecepatan secara mendetail. kita dapat memilih apakah kita hanya ingin mengetest kecepatan download saja atau kecepatan upload saja. selanjutnya akan muncul hasil yang lengkap disertai grafik kecepatan koneksi anda


4. Fast.com

Jika anda ingin mengukur kecepatan internet dengan mudah dan cepat fast.com menjadi pilihan yang tepat. walaupun fiturnya tidak selengkap speedtest.net, namun situs ini dapat menjadi acuan berapa kecepatan internet anda.

5. Meter.net

Dengan meter.net kita dapat mengukur kecepatan ping, download dan upload. sama seperti speedtest , namun situs ini menjamin proses pengcekan hanya berlangsung 30 detik. kita juga dapat memilih lokasi server.



10 NEGARA DENGAN KECEPATAN INTERNET TERTINGGI

Jika dibanding negara lain, Indonesia jauh tertinggal dalam hal kecepatan internet, naghkan dibanding negara lain di ASEAN, Indonesia hanya berada di urutan bawah. Berikut ini daftar 10 negara teratas dengan internet paling cepat, yang dikutip dari Tekno Liputan6.com.

1. Korea Selatan : 37,5Mbps
2. Norwegia : 34,77Mbps
3. Hungaria : 31,04Mbps
4. Singapura : 30,05Mbps
5. Australia : 26,25Mbps
6. Belanda : 25,71Mbps
7. Denmark : 24,41Mbps
8. Lithuania : 22,81Mbps
9. Swedia: 22,18Mbps
10. Jepang : 21,79Mbps

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->