Pengertian Definisi DNS Domain Name System Dan Penjelasan Lengkap



DNS adalah istilah penting di dunia internet. Berikut ini definisi pengertian apa itu DNS dan penjelasan lengkapnya.


PENGERTIAN DNS

Untuk memahami tentang pengertian atau definisi DNS, berikut ini pemahaman antara DNS dan DNS Server, karena kedua istilah tersebut berhubungan erat.

Domain Name System (DNS) adalah sebuah standard dalam technology untuk mengatur penamaan publik dari sebuah situs website atau domain internet.

suatu sistem untuk menyimpan informasi host atau domain di dalam sebuah jaringan. Atau bisa juga diartikan bahwa DNS adalah suatu sistem jaringan yang mampu menerjemahkan domain (www.BlogAnda.com) menjadi alamat internet.

Dengan adanya Teknologi DNS, memungkinkan anda untuk mengetikkan atau menulis nama atau domain ke sebuah web browser (misal www.BlogAnda.com) dan Komputer Anda akan secara otomatis menemukan alamat IP dari domain tersebut di internet. Elemen kunci dari DNS adalah seluruh DNS Server yang ada di dunia.

pengertian definisi DNS adalah

CARA KERJA DNS

Untuk memahami cara kerja DNS atau Domain Name System , mari kita buat contoh sederhana seperti sistem yang ada di perhotelan. Misalnya anda ingin mengunjungi beberapa teman yang ada di beberapa hotel. Lalu apa yang akan anda lakukan? pastinya anda akan menemui resepsionis dan memintanya menyebutkan nomor kamar dimana teman anda menginap. Nah, untuk itu anda perlu memberitahu nama teman anda itu pada resepsionis. Dari sana resepsionis akan melihat di dalam database tamu dan memberitahu tentang nomor kamar teman anda itu. Dia juga akan melakukan check apakah teman anda ada di kamar atau tidak.

Dari contoh alur kasus di atas, mari kita sedikit hubungkan dengan cara kerja DNS. Anggap saja anda berperan sebagai client, resepsionis sebagai server DNS, nama teman anda sebagai domain, dan nomor kamar teman anda sebagai alamat IP.

Nah, dari sini Resepsionis akan mencari di dalam database dari semua tamu, yang disebut Domain Name Space. Jika teman anda masih di dalam kamar maka resepsionis akan mengatakan ada di nomor berapa teman anda itu, begitu juga dengan sebaliknya.

Sama seperti sistem DNS, jika anda mengetik nama situs di browser anda, browser akan otomatis mengirim permintaan ke server DNS, jika nama situs yan akan anda buka terdaftar di dalam database, maka ia akan menjawab permintaan anda dengan mengirim alamat IP dari situs yang akan anda buka, misalnya 31.13.79.246

Apabila anda ingin mengetahui nama domain yang terdaftar sesuai alamat IP, maka dia akan meminta ke server DNS dengan alamat IP dari website tersebut. Contohnya, alamat IP itu ialah 31.13.79.246, jadi pertama DNS akan memeriksa 31 dulu, lalu 13, kemudian 79, dan terakhir 246. Jadi, pada akhirnya akan disimpulkan bahwa alamt IP itu milik www.BlogAnda.com.

Nah, DNS ini menyerupai struktur pohon hierarki, dimana alamt 31 itu berada dalam posisi teratas dan merupakan domain utama secara hierarki. Kemudian, alamat 13, 79, da 246 merupakan sub-domain yang berurutan. Angka 246 itu mengacu pada mesin hosting server dari situs www.BlogAnda.com.

Kesimpulannya, DNS penting sekali, Jika di dunia digital tidak ada yang namanya DNS, maka tentunya itu akan semua nama domain dan alamat IP itu pasti akan berantakan. Bahkan, hasilnya bisa membuat anda lama sekali menemukan www.BlogAnda.com . DNS itu sudah menyederhanakan alamat IP, jadi ini sangat memudahkan anda dalam mencari sebuah situs.