Definisi Pengertian Apa Itu Spam Wajib Anda Tahu


Apa itu spam. Spam adalah tindakan tidak terpuji, berikut ini pengertian definisi apa itu SPAM dan bentuknya


PENGERTIAN DEFINISI APA ITU SPAM

Jika anda sudah akrab dengan dunia online, saya yakin sering mendengar istilah spam ... sebuah tindakan yang dilarang dan merugikan banyak orang. Lalu apa itu spam?

Untuk menjelaskan apa itu spam, saya ingin menggunakan kalimat yang sederhana. Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming.

Sebenarnya tindakan yang tergolong spam adalah mencakup banyak hal dan tidak terbatas pada masalah pengiriman pesan atau email bertubi - tubi. Penjelasan tentang bentuk spam berikut ini akan memperjelas pengertian anda tentang apa itu spam.

Bentuk spam yang dikenal secara umum adalah meliputi : spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial.

Beberapa contoh tindakan spam adalah :  email berisi iklan, SMS pada telepon genggam, berita dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, berita yang tak berguna dan masuk dalam blog, buku tamu situs web, spam transmisi faks, iklan televisi dan spam jaringan berbagi. Saya yakin anda sudah mulai faham tentang apa itu spam.

Spam dikirimkan oleh pengiklan dengan biaya operasional yang sangat rendah, karena spam tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Karena hambatan masuk yang rendah, maka banyak spammers yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta menjadi sangat tinggi. Akibatnya, banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman.

Spam sering mengganggu dan terkadang menipu penerimanya. Berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet.


TUJUAN SPAM

Ulasan mengenai tujuan spam berikut ini akan memperdalam pemahaman anda tentang apa itu spam, dan mudah - mudahan dapat menahan diri dari niat untuk berbuat spam ya. Banyak orang melakukan tindakan spamming, paling tidak karena alasan dan tujuan seperti berikut ini :


1. Spam Untuk Tujuan Penipuan.

Spam jenis ini yang perlu digarisbawahi dan hendaknya kita berhati-hati jangan sampai tergiur oleh tawarannya. Tak jarang spammer yang mengiming-imingi penerima pesan dengan hadiah yang terbilang besar dan memang bisa diterima dengan akal sehat. Contohnya saja pesan yang mengatasnamakan undian dengan hadiah tertentu disertai dengan nomor telepon atau E-mail customer service-nya. Spam seperti ini juga erat kaitannya dengan aktifitas phising, dimana pengguna atau penerima pesan diarahkan ke website tertentu untuk mengisi formulir dengan data-data pribadi dengan tujuan untuk mencurinya, sungguh merupakan tindakan kriminal.


2. Spam Untuk Tujuan Promosi atau Komersil.

Spam jenis ini biasanya dikirimkan oleh pihak-pihak yang melakukan promosi atau pengiklanan produk atau layanannya. Pesan yang terkandung dalam spam cenderung berbentuk penawaran produk berupa barang, jasa atau layanan. Pelakunya sendiri memang tak terbatas pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab saja, pihak operator layanan misalnya operator seluler pun terkadang mengirimkan pesan-pesan yang menurut saya kurang bermanfaat dengan frekuansi yang diluar nalar. Bayangkan saja jika sebuah layanan operator seluler mengirimkan pesan dengan embel-embel pelayanan lebih dari lima kali dalam tempo 24 jam. Dan kesemua pesan yang dikirimkan selalu sama setiap harinya. Jika anda sudah membaca pengertian apa itu spam, saya yakin kita sepakat bahwa itu juga termasuk tindakan spam namanya?


3. Spam Untuk Tujuan Iseng.

Spam dengan tujuan iseng sebenarnya merupakan spam yang termasuk kedalam kategori penipuan namun masih dalam ruang lingkup yang luas dan tidak menjurus ke hal-hal tertentu. Dimana si pengirim spam bertindak berdasarkan peluang, jika si penerima pesan spam merespon aktivitas spamming maka si spammer biasanya mengambil manfaat dan kesempatan, misalnya saja minta pulsa atau meminta mengunjungi website pribadi miliknya dengan tujuan tertentu. Pelaku spam jenis ini memang tidak terbatas, kebanyakan dari kalangan individu yang mencari keuntungan sepihak.

Aktifitas spamming walaupun tidak bertujuan untuk melakukan tindakan kejahatan tetapi terbilang mengganggu, bahkan bersifat meresahkan. Dimana kenyamanan pengguna layanan sedikit banyaknya terganggu oleh aktifitas spammer yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, kita sebagi pengguna yang mendambakan kenyamanan hendaknya tidak melakukan aktifitas yang sama dengan tujuan apapun demi kenyamanan bersama.

pengertian apa itu spam adalah
 


BENTUK - BENTUK SPAM

Setelah di atas kita mempelajari tentang pengertian atau definisi apa itu spam, untuk memperluas pengetahuan anda tentang tindakan spam ... berikut ini kami ulas mengenai bentuk - bentuk tindakan spamming :

1. Spam Facebook
Dalam media sosial seperti Facebook kegiatan Spamming ternyata lebih variatif karena ada banyak fitur Facebook. Sebagai contoh adalah komentar-komentar aneh yang masuk ketika kita menuliskan sebuah postingan.

Komentar tersebut biasanya dihadirkan dengan bantuan v-bot atau komentar otomatis melalui perangkat lunak tambahan. Kemudian yang sedang populer adalah Spamming dalam bentuk menandai foto, padahal tidak ada hubungannya dengan Anda. Atau mungkin penandaan terhadap sebuah kiriman tautan yang lagi-lagi aneh tujuannya. Jika sudah begitu kejadiannya, cara terbaik adalah dengan melaporkannya. Dalam sebuah postingan baik status maupun gambar, Facebook menyediakan menu “Laporkan”. Klik dan pilihlah opsi “ini Spam” atau “Ini foto Spam”. Tunggu sampai Facebook menanggulangi.

2. Spam Email
Sebagai contoh Spam adalah berisi iklan, undian, informasi palsu, promosi barang, phishing, penipuan, dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, sebuah email kosong atau yang tidak berisi apa-apa pada subjek maupun badan pesan juga bisa diklasifikasikan sebagai pesan spam.

3. Spam Blog
Spam adalah tindakan paling dibenci maka hindarilah. Biasanya Spam Blog semacam ini mengambil keuntungan dari fasilitas komentar terbuka dalam sebuah blog. Isinya sudah pasti tidak ada hubungannya dengan pembahasan dan konten blog. Biasanya dalam berkomentar mereka meninggalkan link yang mengarah ke blog.

Cara mengatasi Spam blog masuk adalah dengan menempatkan Captcha. Atau jika sudah masuk mungkin bisa dilakukan penghapusan secara manual. Sekarang sudah faham bukan, apa itu spam?