-->

Pengertian Printer, Fungsi Dan Jenis Printer Terbaik

Pengertian printer. Megungkap secara lengkap tentang apa itu pengertian printer, fungsi, dan jenis printer terbaik.

Printer merupakan istilah dalam teknologi komputer yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Printer merupakan hardware atau perangkat keras yang selalu berhubungan dengan komputer. Printer juga mudah ditemukan di semua sektor pekerjaan, baik itu di bidang perbankan, pendidikan, agen tiket, bahkan di percetakan. Lalu apa sih pengertian printer itu sendiri?

Uraian singkat berikut ini akan memperjelas pemahaman anda tentang pengertian printer, fungsi printer dan jenis - jenis printer.


PENGERTIAN PRINTER

Apa itu printer?  printer berasal dari bahasa Inggris yang artinya pencetak atau alat untuk mencetak. Definisi atau Pengertian Printer secara lebih lengkap adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer dapat digunakan untuk mencetak dokumen dari komputer, tentunya setelah driver mesin printer terinstall di komputer.

Terkadang orang memahami pengertian printer berdasarkan tinta yang digunakan, mereka menyebutnya dengan istilah printer tinta basah dan printer tinta kering. Memang pada perkembangannya sekarang ini ada jenis printer yang menggunakan tinta kering berupa bubuk ( toner ), biasa disebut juga dengan printer laser.

Setiap printer memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding dengan merk lainnya. Namun yang lebih penting, intinya sebenarnya adalah kualitas cetakan. Dari segi kualitas cetakan, satuan ukuran yang digunakan untuk printer adalah dpi (dot per inchi). Maksud dari istilah itu adalah banyaknya jumlah titik dalam tempat yang memiliki luas 1 inci.

Adapun istilah resolusi pada printer itu sendiri, yakni dpi atau singkatan dari dot per inch. Maksud dari istilah itu adalah banyaknya jumlah titik dalam tempat yang memiliki luas 1 inci. Untuk mengetahui seberapa bagus kualitas hasil cetak suatu printer adalah dengan melihat nilai dot per inchi (dpi) yang biasanya tertera pada kotak printer. Semakin tinggi dpi suatu printer maka hasil printnya akan semakin bagus.

Selanjutnya, nda juga dapat membaca jenis - jenis printer pada bagian bawah tulisan ini, sehingga pengertian printer dapat menjadi lebih jelas.


SEJARAH PEMBUATAN PRINTER

Saya yakin, anda termasuk orang yang akrab dengan teknologi komputer, termasuk juga printer. Karena printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk mencetak hasil pekerjaan yang dilakukan dengan bantuan komputer. Namun tahukah anda, ada sejarah panjang dalam pembuatan komputer yang terus berkembang dari generasi ke generasi.

Setelah di atas kita belajar tentang pengertian printer, kali ini saya ingin bercerita tentang sejarah penciptaan mesin printer.

Sebenarnya, teknik cetak-mencetak sudah dimulai pada abad ke-14 secara sederhana di Cina. Orang-orang Cina berhasil melakukan inovasi menciptakan tinta dan block printing yg berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tapi perkembangan teknik cetak di Cina masih kalah dengan perkembangan di Eropa. Karena alfabet Cina memiliki tingkat kesulitan yang tinggi jika diterapkan di mesin tik, dengan ribuan ideogram spesifik. Sehingga hampir gak ada perubahan dalam hal efisiensi produksi di Cina dibandingkan dengan Eropa. Dan pada awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya di Eropa yg membuat kebutuhan proses produksi dokumen tulisan cepat dan murah.

Seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, Johannes Guternberg berhasil mengembangkan teknologi mesin pencetak secara revolusioner. Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yg diproduksi secara massal. Pada tahun 1953, printer berkecepatan tinggi pertama dikembangkan oleh Remington -Rand untuk dimanfaatkan pada komputer Univac.
Pada tahun 1938, Chester Carlson menemukan proses pencetakan kering disebut electrophotography biasa disebut Xerox, teknologi dasar untuk printer laser yang akan datang.

Printer laser asli disebut EARS dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center dimulai pada 1969 dan selesai pada november, 1971. Xerox Engineer, Gary Starkweather diadaptasi teknologi mesin fotokopi Xerox menambahkan sinar laser untuk itu untuk datang dengan printer laser.

Menurut Xerox, The Xerox 9700 Electronic Printing System, produk laser printer xerographic pertama, dirilis pada tahun 1977. The Xerox 9700,  printer yang dirintis di optik laser scanning, elektronik generasi karakter, dan halaman – format perangkat lunak, merupakan produk pertama di pasar yang akan diaktifkan oleh penelitian PARC.

Menurut IBM, yang pertama IBM 3800 dipasang di kantor akuntansi pusat di Amerika Utara data center FW Woolworth di Milwaukee, Wisconsin pada tahun 1976.
The IBM 3800 Printing System pertama berkecepatan tinggi industri, printer laser. 1 buah printer laser yang dioperasikan pada kecepatan lebih dari 100 siaran – per – menit. Ini merupakan printer pertama yang menggabungkan teknologi laser dan electrophotography menurut IBM.

Pada tahun 1992, Hewlett – Packard merilis LaserJet terkenal, pertama dengan 600 titik per inci resolusi laser printer.

Sekarang ini, berbagai merk berlomba - lomba menciptakan printer dengan fitur - fitur tambahan yang menarik, yang lagi populer adalah sistem three-in-one yang tidak lain adalah fitur print scan dan copy dalam satu mesin. Baca juga : Cara Membuka situs Yang Diblokir


FUNGSI PRINTER

Fungsi printer tidak jauh dari pengertian printer di atas, merupakan alat untuk mencetak artikel, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya.

Pada perkembangannya, teknologi printer semakin canggih, yaitu ditambahkannya dengan fitur - fitur menarik yang tentunya semakin memanjakan konsumen. Fungsi printer yang dulunya hanya sebatas alat untuk mencetak dokumen, seperti halnya pengertian printer di atas, sekarang sudah banyak printer yang memiliki fasilitas three in one yaitu print scan dan copy dalam 1 mesin. Ini bisa jadi cara scan dokumen yang praktis daripada membeli alat scanner lagi.

pengertian printer 

JENIS - JENIS PRINTER

Sedikit banyak, jenis - jenis printer sudah disinggung pada penjelasan pengertian printer di atas. Secara lebih lengkap, berikut ini adalah beberapa jenis printer yang dapat ditemukan di pasaran, antara lain :

Printer Laser Jet
1. Jenis printer laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Selain hasil cetak yang lebih bagus jika disbanding dengan jenis printer dot matrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.

2. Printer Dot Matrix
Printer Dot Matrix merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus.

3. Printer Ink Jet
Printer Ink Jet adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. Inkjet yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik.

4. Printer LED/LCD, merupakan jenis printer yang hampir sama dengan printer laser. Namun, untuk proses printer LED/LCD ini menggunakan light-emitting diode. Jenis printer ini mampu menghasilkan kualitas cetak yang berkualitas baik dalam bentuk grafis ataupun teks.

5. Printer solid Ink, merupakan jenis printer yang menggunakan sejenis tinta namun sudah dililinkan. Printer ini memiliki cara kerja yang melelehkan rinta kemudian ditampung dalam sebuah tempat dan selanjutnya dipindahkan ke sejenis drum dan akan mendinginkan tinta tersebut sebelum mencetak ke media kertas.

6. Printer Dye Sublimation, merupakan jenis yang banyak digunakan dalam seni grafis sebagai pencetak benda keras seperti mug, ataupun souvenir keras lainnya.

7. Printer POS (Point Of Sale), dimana jenis ini muda ditemui pada kasir di toko yang langsung terhubung dengan laci uang dibawahnya.

8. Printer Photo Digital, merupakan printer yang biasanya digunakan fotografer untuk mencetak foto dengan kualitas tinggi.

9. Printer Plotter, merupakan jenis printer yang sangat akurat dalam proses pencetakannya. Printer ini memiliki ukuran besar dan biasanya digunakan untuk mencetak gambar-gambar para arsitek ataupun insinyur.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->