-->

Cara Mereset HP Samsung dengan Mudah, Cepat dan Aman

Cara mereset hp samsung. Berikut ini cara mudah dan aman mereset HP Samsung, 100% berhasil.

HP Samsung anda bermasalah? Sekarang ini perangkat android menjadi alat yang sangat penting dalam kehidupan sehari hari. Aktifitas browsing internet sudah jamak dilakukan hanya dengan menggenggam smartphone seperti Samsung. Belum lagi ditambah dengan segudang fitur lainnya yang tentunya semakin memanjakan pengguna HP Samsung tersebut. Lalu apa jadinya jika HP Samsung anda mulai menunjukkan gejala yang tidak normal? Benarkah ada cara mereset HP Samsung yang dapat menjadi solusi?

Mereset HP Samsung bisa menjadi solusi alternatif, namun sebelumnya saya ingin menjelaskan beberapa alasan mengapa seseorang memilih melakukan factory reset HP Samsung. Beberapa alasan tersebut antara lain : adanya aplikasi bawaan pabrik yang tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, adanya kesalahan yang kita lakukan yang memungkinkan sistem tidak dapat bekerja dengan baik, dan lain - lain. Inilah yang menjadi alasan yang umum sehingga pengguna memilih mengembalikan pengaturan awal pabrik atau factory reset. Anda bisa melihat cara mereset HP Samsung di bawah ini.

Persoalan factory reset HP Samsung sebenarnya tidak sesederhana mengembalikan settingan awal saja, namun ada beberapa hal yang perlu anda lakukan ketika mereset HP Samsung yaitu : 
  1. Hal - hal yang perlu anda lakukan sebelum mereset HP Samsung, 
  2. Langkah cara yang tepat dalam mereset HP Samsung, 
  3. Langkah - langkah tepat setelah anda mereset HP Samsung.

LANGKAH - LANGKAH SEBELUM MERESET HP SAMSUNG

Berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan sebelum mereset HP Samsung :

1. Backup Kontak. Backup data nomor atau Kontak bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu kontak dan pilih Ekspor/Impor, lalu pilih Ekspor Kontak ke Kartu SD (External). Jika tidak ada ExtSDcard, Ekspor saja ke Memori Internal, lalu pindahkan file kontak tersebut ke dalam harddisk untuk sementara. File kontak ekstensinya adalah (.vcf)

2. Backup Data Penting. Sebelum anda mempraktekkan cara mereset HP Samsung, backup data itu penting sekali. Pindah data-data penting yang ada di SDcard ke ExtSDcard. Karena data yang akan dihapus oleh sistem adalah data yang ada di SDcard, bukan ExtSDcard. Misal data foto, dokumen, file download, dan lain-lain. Jika tidak ada ExtSDcard (memori juga penuh), sambungkan ke PC melalui USB untuk memindah data penting sementara ke dalam harddisk.

3. Catat Data Penting. Catat data-data akun (biasanya email & password) yang dirasa sangat penting. Misal akun Google, BBM, Instagram, line, dan lain-lain. Karena jika lupa pasti akan berakibat fatal. Jadi jangan lupakan poin penting ini. Kamu bisa mencatatnya di buku catatan atau semacamnya, tapi tetap amankan catatan tersebut.

4. Backup Aplikasi Kesayangan. Anda juga perlu membackup aplikasi milik anda jika cara mereset HP Samsung yang kita pelajari ini menjadi pilihan anda. Backup aplikasi-aplikasi kesayangan kamu ke ExtSDcard. Sebelumnya kamu harus mempunyai aplikasi EasyAppBackup terlebih dahulu, download saja di Playstore, filenya kecil kok. Kamu bisa backup aplikasi ke memori eksternal maupun memori internal lalu memindahnya ke harddisk untuk sementara. Pemilihan letak backup ada pada menu pengaturan aplikasi EasyAppBackup. Baca juga : cara membuka situs yang diblokir

5. Catat Data Memo. Mencatat kembali data yang ada di Memo memang kelihatan sepele, namun pasti ada juga hal penting yang ada di dalam Memo. Misal nomor rekening seseorang, tanggal-tanggal, atau kutipan-kutipan. Kamu bisa menggunakan kreatifitasmu untuk mencatat kembali memo tersebut. Bisa dengan di screenshot lalu file SS tersebut dipindah ke ExtSDcard, atau semacamnya.
cara mereset HP Samsung



CARA MERESET HP SAMSUNG

Cara pertama. Berikut ini adalah langkah - langkah atau cara mereset HP Samsung yang perlu anda lakukan :
  • Masuk ke menu Setting/Pengaturan
  • Scroll kebawah kemudian cari menu Backup & Reset
  • Kemudian tap Factory data reset
  • Centang yang dianggap benar,kemudian tap reset device.
  • Tunggu proses resetnya hingga selesai sekitar 3-10 menit tergantung banyaknya data yang ada pada hp atau tablet.
  • Setelah selesai maka android akan restart sendiri, jika tidak silahkan lakukan secara manual. Mudah bukan, cara mereset HP Samsung ?


Cara kedua yang bisa ditempuh adalah menggunakan tombol rahasia yaitu *2767*3855# . Dengan catatan anda masih bisa mengakses keyboard. Baca juga : cara menghilangkan malware


Cara ketiga, cara mereset HP Samsung dengan Recovery Mode :
  • Untuk masuk ke menu Recovery Mode hanya bisa dilakukan saat kondisi hp mati (off)
  • Pastikan baterai anda cukup, minimal 70% untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  • Lalu matikan handphone atau tablet android anda.
  • Tekan dan Tahan tombol Volume Up + HOME + Power secara bersamaan beberapa detik.
  • Gunakan Volume Up untuk memilih menu “Factory reset / wipe data”.
  • Kemudian tekan tombol Home untuk memulai proses reset.
  • Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  • Kemudian pilih lagi menu Reboot System Now.



Cara Masuk Recovery Mode Hp samsung

Samsung Galaxy Mini, Galaxy Ace, Galaxy Gio dan Galaxy Fit:
Tekan tombol Home(tengah) + Power, tunggu sampai muncul logo Samsung.

Samsung Galaxy 551:
Tekan tombol huruf T + tombol Power. Untuk navigasi atas bawah dapat menggunakan tombol panah, sedangkan untuk melakukan pilihan menggunakan tombol Shift.

Samsung Galaxy Pro:
Tekan tombol T + Tombol Power.

Samsung Galaxy Y (Young) GSM:Tekan tombol Vol Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.

Samsung Galaxy Y (Young) CDMA:Matikan HP > Tekan tombol Power, saat muncul logo Samsung > tekan tombol VOL UP sampai masuk ke recovery Mode. Kalau handphone menyala normal masuk ke menu seperti biasa, matikan handphone lagi dan ulangi proses dari awal.

Samsung Galaxy W (Wonder):Tekan tombol Volume Up + Tombol HOME (tombol tengah) + Tombol Power secara bersamaan > tunggu sampai keluar logo Samsung, lalu tekan tombol MENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME).

Samsung Galaxy Tab 7? (P1000) / Tab 7 Plus (P6200): Matikan Tablet lalu Tekan tombol Volume UP + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala.

Samsung Galaxy Note N7000: Tekan tombol Volume UP+Home+Power > tunggu sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah itu lepas ketiga tombol tersebut.
PERINGATAN!: Bagi Anda yang menggunakan Galaxy Note dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich Android 4.0.x, sebaiknya jangan melakukan factory reset karena ROM ini menurut beberapa pengguna memiliki bug yang dapat merusak HP.

Samsung Galaxy Mini II S6500: Tekan tombol Volume up+ Volume down + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan.

Samsung Galaxy Chat GT-B5330: Tekan tombol Volume Down + Home + Power.

Samsung Galaxy Ace Plus: Tekan tombol Vol UP + Vol Down + Tombol HOME bersamaan lalu selagi ketiga tombol tsb ditekan, tekan tombol POWER lalu langsung dilepas (jgn ditahan). Tunggu sampai masuk menu recovery baru lepas semua tombol.


PERLU DILAKUKAN SETELAH MERESET HP SAMSUNG

Setelah kita belajar cara mereset HP Samsung di atas, jangan lupa ada beberapa hal yang perlu anda lakukan. Berikut ini adalah hal - hal yang perlu anda lakukan setelah anda mereset HP Samsung :

1. Siapkan Koneksi Internet. Lakukan berikut ini :

- Pertama adalah untuk masuk ke akun Google. Semua android kan begitu, kita harus masuk ke akun google terlebih dahulu agar bisa menikmati semua fasilitas smartphone android yang kita punya.

- Dan yang kedua adalah untuk update layanan Google Play. Mengapa ini diperlukan? karena sebagian besar aplikasi yang akan kita install tidak akan berjalan jika Google Play masih versi lawas. Caranya dengan buka Playstore lalu search "Google Play Service"

2. Instal kembali aplikasi kesayangan. Carilah file hasil backup menggunakan EasyAppBackup tadi, kali ini kamu harus benar-benar selektif dalam memilih aplikasi mana yang akan kamu instal kembali agar tidak sia-sia melakukan Factory Reset ( FR). Jika ada aplikasi yang mengharuskan kita login dengan sebuah akun, jangan lupa kamu tadi sudah catat data-data akun kan?

3. Mengembalikan kontak (restore). Jangan gara - gara mempraktekkan cara mereset HP Samsung, lantas anda kehilangan daftar kontak, itulah pentingnya melakukan backup daftar kontak. Kembalikan daftar kontak anda dengan mencari file (.vcf) hasil ekspor kontak tadi. Kita hanya perlu menyentuh file tersebut dan semua kontak akan terinstal kembali.

4. Utak-atik menu pengaturan. Setelah mereset HP Samsung, melakukan pengaturan kembali penting sekali. Ya, ini memang penting, kamu harus atur android senyaman kamu dan sesuka kamu. Jangan lupa pada pengaturan keamanan, centang pada Install aplikasi melalui sumber yang tidak diketahui.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->