Definisi dan Pengertian Apa Itu Domain dan Custom Domain


DEFINISI DAN PENGERTIAN DOMAIN

Apa itu Domain ?  Jika kita terjun ke dunia internet, tentu selalu berhubungan dengan blog atau website yang merupakan sebuah media atau sarana yang digunakan oleh pemiliknya untuk menyampaiakan pesan atau informasi kepada para pembacanya. Lalu apa hubungannya dengan domain? 

Pengertian secara sederhana, domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama domain inilah yang mewakili sebuah blog atau website yang diterbitkan di internet. Jadi blog atau website tidak dapat diterbitkan tanpa memiliki domain.

Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

Dari pengertian domain di di atas, untuk membuat blog yang online di internet, kita harus memiliki domain. Bagi pemula yang sedang mempelajari cara membuat blog , domain ini harus anda persiapkan terlebih dahulu. Namun demikian jika anda ingin membuat blog gratisan di blogger.com atau wordpress.com, tentu anda tidak perlu membeli domain karena anda akan diberikan subdomain secara gratis. Baca juga : cek kecepatan internet 


TINGKATAN ATAU LEVEL DOMAIN

Domain memiliki beberapa level, yaitu :

1. Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti
.com (dot commercial)
.net (dot network)
.org(dot organization)
.edu(dot education)
.gov(dot goverment)
.mil(dot military)
.info (dot info)
dll

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).

2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com.

Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.


MENGENAL CUSTOM DOMAIN

Setelah mengulas tentang pengertian atau definisi domain, untuk melengkapi pengetahuan anda ... setelah anda belajar cara membuat website, saya akan membahas tentang apa itu custom domain.

Jika anda membuat blog gratisan di blogger / blogspot anda akan mendapatkan alamat blog dengan subdomain, contoh : bloganda.blogspot.co.id . Dengan tampilan alamat tersebut, bagi sebagian orang ... mungkin kurang puas karena terkesan kurang profesional karena bukan domain pribadi. Solusinya anda dapat mengubah nama domain tersebut menjadi domain milik pribadi, cara inilah yang disebut custom domain.

Setelah kita membeli domain pribadi, alamat blog yang tadinya dicontohkan adalah bloganda.blogspot.co.id akan berubah menjadi www.bloganda.com . Oh ya, untuk keperluan custom domain, kita tidak harus membeli akhiran .com  , kita juga bisa menggunakan domain dengan akhiran yang lain seperti :  .net, id dan lain - lain.

Jadi custom domain adalah mengubah sub domain gratisan menjadi nama domain pribadi.
pengertian definisi apa itu domain



CARA MENDAPATKAN NAMA DOMAIN

Untuk memiliki nama domain, jika kita membuat blog gratisan ... tentu kita tinggal memilih nama untuk sub domain sesuai keinginan kita sendiri. Lain halnya jika kita ingin memiliki domain pribadi, untuk mendapatkan domain ... kita harus membelinya pada perusahaan penyedia domain. Anda bisa mencarinya sendiri di Google, di sana banyak yang menjual domain.


HUBUNGAN DOMAIN DAN HOSTING

Agar lebih jelas, selain definisi dan pengertian domain di atas, saya juga akan menjelaskan tentang hosting, karena domain akan selalu berhubungan dengan hosting. Untuk memiliki blog atau website yang terbit di internet, selain domain ... yang dibutuhkan adalah hosting. Hosting adalah tempat dimana kita menyimpan file - file dari blog kita, baik itu artikel maupun gambar dan file lainnya. 

Untuk mendapatkan hosting, kita harus menyewanya bulanan atau juga bisa tahunan pada perusahaan penjual hosting. Penjual domain sanya juga menjual hosting. Untuk meng-online-kan sebuah blog atau website, domain dan hosting dapat dibeli dari tempat terpisah.

Untuk kasus blog gratisan di atas, kita tidak perlu membeli domain di atas. Untuk custom domain, kita hanya membeli domain namun tidak perlu membeli hosting karena hostingnya numpang pada blogspot. Sedangkan untuk blog dengan domain dan hosting pribadi, kita harus membeli domain dan hosting. Yang terakhir ini biasa disebut dengan blog self hosted. 

Jadi untuk membuat blog atau website, kita membutuhkan domain dan hosting. Oh ya jangan lupa, setelah memiliki blog ... penting juga memiliki banyak pengunjung. Buat apa memiliki blog kalau tidak ada pengunjungnya, pelajari : belajar SEO