-->

Cara Membuat Blog Gratis Dengan Blogger Atau Blogspot Secara Profesional

Cara membuat blog gratis dengan Blogger atau Blogspot itu mudah sekali, pelajari langkah - langkahnya berikut ini.

Blogger atau populer juga dengan sebutan Blogspot adalah merupakan platform blog yang sangat populer di dunia, di sini adalah tempat dimana kita dapat membuat blog secara gratis. Bagi anda yang masih pemula yang ingin memiliki blog, membuat blog dengan Blogger adalah solusi yang tepat karena lebih mudah untuk mengelolanya. Kita hanya membutuhkan akun Google saja, lalu bagaimanakah cara membuat blog dengan Blogger atau Blogspot ini?

Tutorial cara membuat blog gratisan dengan Blogspot atau Blogger sebenarnya dapat ditemukan dengan mudah di internet, namun jika anda adalah seorang pemula .... tutorial berikut ini akan sangat membantu anda untuk membuat blog dengan mudah tanpa harus belajar HTML segala. 


CARA MEMBUAT BLOG GRATISAN DENGAN BLOGGER ATAU BLOGSPOT

Berikut ini adalah langkah - langkah cara membuat blog dengan blogspot dengan mudah :
1. Pertama, pastikan anda sudah memiliki akun blog, akun blog blogger terintegrasi dengan akun Goolge. 
Jika anda sudah memiliki akun Google, atau sudah pernah membuat email di Google, anda sudah bisa login ke blogger. Jika belum memiliki akun blog, anda harus membuat akun Google terlebih dahulu, pelajari cara membuat akun blog blogger

2. Setelah anda memiliki akun Google, buka www.blogger.com , anda akan dibawa menuju tampilan halaman seperti di bawah ini :
cara membuat blog

3. Selanjutnya klik "buat blog" . Anda akan menuju tampilan seperti di bawah ini :
cara membuat blog

4. Dari gambar di atas, silakan login, ketikkan alamat email anda pada kolom kotak merah seperti di atas, lalu klik "selanjutnya" .  Lalu akan muncul tampilan halaman seperti di bawah ini :
cara membuat blog

5. Lihat gambar di atas. Pada kolom title : isikan judul blog anda, ini merupakan tema blog anda. Pada kolom address : isikan alamat blog yang anda inginkan, inilah yang akan menjadi alamat domain anda. Pada kolom theme : silakan pilih template blog sesuai keinginan anda. Jika sudah, klik "create blog" . Anda akan dibawa ke tampilan blog anda seperti gambar di bawah ini :
cara membuat blog


6. Selamat blog anda sudah jadi. Pada kolom address di atas, itulah alamat blog anda. Alamat blog ini merupakan sub domain dari Blogspot, karena blog anda ini merupakan blog gratisan. Dengan membuat blog dengan blogger, anda sudah memiliki blog secara gratis tanpa harus membeli domain dan hosting.

7. Untuk mendapatkan tampilan blog dengan profesional sesuai dengan keinginan, kita perlu mengganti theme atau template blogger di atas. Anda dapat mencarinya dengan mudah di internet.

8. Optimalkan blog. Untuk memiliki banyak pengunjung, tugas anda selanjutnya adalah melakukan optimasi pada blog atau yang dikenal dengan sebutan SEO ( Search Engine Optimization ). Ini dilakukan agar blog anda dapat ditemukan pada hasil pencarian Google, bahkan menduduki peringkat teratas. Pelajari Panduan Belajar SEO


KEUNTUNGAN MEMBUAT BLOG DENGAN BLOGGER ATAU BLOGSPOT

Berikut ini adalah beberapa keuntungan atau kelebihan membuat blog dengan blogspot atau blogger :

  • Gratis, tanpa perlu membeli domain. Kita tidak perlu membeli domain karena otomatis merupakan subdomain dari blogspot.
  • Gratis, tanpa perlu membeli hosting. Untuk menyimpan file, kita akan menyimpannya di hosting blogger, jadi kita tidak membutuhkan hosting.
  • Pengelolaannya mudah. Ini cocok untuk pemula, untuk mengelola blog cukup masuk dengan akun Google dan akan langsung masuk pada dashboard Blogger. Kita juga bisa membuat banyak blog hanya dengan satu akun Google, dan mengelolanya dalam dashboard yang sama. Jadi mudah sekali mengelolanya.
  • Blogger atau Blogspot lebih aman. Jika anda membuat akun Google dengan mengikuti petunjuk keamanan sesuai arahan Google, akun anda dipastikan aman. Anda tidak akan dipusingkan dengan peretasan pada blog anda. 
  • Blogger bisa dimonetisasi. Seperti halnya dengan platform blog lainnya, dengan membuat blog blogspot, anda juga bisa mendapatkan uang dengan memonetisasi blog anda. misalnya dengan mengikuti program Pay Per Click ( Google Adsense ).



KELEMAHAN BLOGGER ATAU BLOGSPOT

Selain memiliki kelebihan seperti yang diuraikan di atas, blog berplatform blogsppot juga memiliki kelemahan seperti di bawah ini :
  • Terkesan kurang profesional. Walaupun nilai blog itu terletak pada kontennya, namun blog gratisan dianggap kurang profesional.
  • Tidak memiliki kendali sepenuhnya. Dengan menumpang domain dan hosting pada Blogger, anda tidak memiliki blog sepenuhnya. Jika konten blog anda tidak sesuai dengan kebijakan Google, blog anda bisa dihapus. terkadang ini bisa terjadi tanpa ada pemberitahuan.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->